7 Tanda – Tanda Multiple Sclerosis yang Patut Diwaspadai Sejak Dini – Memiliki tubuh yang sehat tentu sangat penting. Makanya banyak orang yang rela menghabiskan uangnya hanya demi mendapatkan kesehatan yang prima. Di balik semua itu, penyakit Multiple Sclerosis (MS) makin marak menimpa sebagian besar penduduk Bumi. Menurut laporan dari sumber terpercaya, penderita yang banyak mengidap penyakit tersebut yaitu kalangan Eropa.

Bandagainstms – Lebih lanjut, beberapa ahli medis melakukan penelitian tentang Multiple Sclerosis. Hingga akhirnya mereka berhasil menemukan tanda – tanda yang patut diwaspadai sejak dini, di antaranya;

1. Penglihatan Sedikit Terganggu
Tanda – tanda yang pertama yaitu penglihatan manusia akan sedikit terganggu. Dalam satu contoh jika berlama – lama di depan layar HP atau Laptop, tentunya rasa buram tersebut bisa kembali normal selang beberapa menit. Namun bila penglihatan tersebut makin berlanjut, itu merupakan gejala awal terjadinya Multiple Sclerosis. Berdasarkan catatan kedokteran, gejala tersebut tergolong Neuritis Optik yang menyerang bagian saraf mata. Sehingga proses penglihatan tidak berjalan normal.

2. Sering Nyeri atau Sakit Kepala
Gejala yang berikutnya adalah sering nyeri atau sakit kepala. Pada umumnya penderita penyakit ini tergolong vertigo atau kekurangan darah. Faktor yang menyebabkan terjadinya hal tersebut sangat banyak. Bisa jadi mereka akan mengalami mual – mual dan muntah – muntah dalam tempo lama. Sekalipun vertigo bisa disembuhkan, namun jika dianggap enteng, maka orang tersebut akan mengidap Multiple Sclerosis.

Baca juga : Mengenal Lebih Dalam Tentang Penyakit Multiple Sclerosis

Badan Selalu Lemas

3. Badan Selalu Lemas
Kondisi badang yang tidak terlalu bugar kadang kala dialami oleh setiap orang, khususnya para pekerja berat. Namun siapa sangka mereka yang bekerja kantoran atau mungkin beraktivitas ringan akan merasakan kelelahan saat pulang. Gejala seperti ii merupakan bentuk dari kelelahan kronis. Jika kondisi tersebut tidak reda dalam sepekan, maka bisa dipastikan bahwa penyakit tersebut merupakan langkah awal akan datangnya Multiple Sclerosis.

4. Mati Rasa dan Kesemutan
Mati rasa dan kesemutan juga sering kali dialami oleh semua orang. Kondisi ini terjadi pada saat duduk bersila atau salah posisi. Akibatnya aliran darah yang mengalir ke seluruh badan tidak normal. Biasanya kondisi tersebut sering menyerang bagian kaki. Jika mereka mengalami hal ini terlalu sering, kemungkinan besar Multiple Sclerosis telah meracuni aliran darah di sekujur tubuh.

5. Masalah Pada Usus dan Kandung Kemih
Gejala Multiple Sclerosis yang cukup mengkhawatirkan lagi yaitu jika terjadi masalah pada usus dan kandung kemih. Menurut para praktisi kesehatan, manusia bisa bolak – balik kencing maksimal 3 hingga 4 kali sehari. Akan tetapi penderita penyakit tersebut akan lebih sering menuju ke kamar mandi, terutama pada saat malam hari.

6. Penurunan Daya Kognitif
Tanda – tanda yang keenam yaitu para penderita Multiple Sclerosis akan mengalami penurunan daya kognitif yang berlebihan. Tak seperti biasanya, mereka akan kesulitan dalam mengingat sesuatu, tidur tidak nyenyak, terbatas – bata dalam berbicara, kehilangan konsentrasi dalam berpikir dan hal lain yang mengganggu pikiran. Sebab sistem saraf pada otak mereka tidak dapat bekerja dengan baik. Akibatnya para penderita akan terus mengeluh dan tidak mampu mengendalikan tingkat emosional.

7. Sering Kejang dan Kaku Pada Otot
Dan gejala yang paling sering terjadi yakni sering kejang dan kaku pada otot tangan hingga kaki. Hal ini lebih dari kesemutan biasa, faktanya beberapa penderita nyaris tidak dapat berjalan secara normal. Namun bukan berarti mereka terkena stroke. Penyakit Multiple Sclerosis memang tidak terlalu masif. Namun jika dibiarkan, maka hal tersebut akan berdampak besar terhadap sistem saraf.

Share and Enjoy !

Shares
Shares