Mengenal Penyakit Multiple Sclerosis – Saat ini, ada banyak penyakit yang harus diwaspadai. Beberapa penyakit dapat muncul karena faktor genetik. Sedangkan beberapa penyakit muncul karena pengaruh gaya hidup masyarakat. Salah satu penyakit yang saat ini muncul adalah Multiple Sclerosis. Apa itu penyakit Multiple Sclerosis? Secara umum, penyakit Multiple Sclerosis (MS) adalah sebuah penyakit dimana sistem saraf yang berperan di otak, tulang belakang, dan mata mengalami masalah atau gangguan. Ketiga organ tersebut merupakan bagian yang penting bagi tubuh. Sehingga, jika terjadi kerusakan pada saraf di ketiga organ tersebut, maka seseorang akan mengalami masalah dalam mengontrol gerakan tubuh maupun penglihatan. Pada beberapa kasus yang berat, kondisi Multiple Sclerosis juga akan menyebabkan kerusakan permanen pada saraf.

Salah satu hal yang perlu dipahami tentang Multiple Sclerosis adalah apa saja faktor yang menyebabkan penyakit tersebut. Salah satunya adalah wanita yang berusia sekitar 16 hingga 55 tahun lebih rentan terkena penyakit ini. Selain itu, jika ada anggota keluarga yang juga terkena penyakit ini, maka anggota keluarga yang lain atau keturunannya mempunyai faktor resiko yang lebih besar. Beberapa orang yang pernah menderita atau sedang menderita penyakit seperti diabetes tipe 1, radang usu, dan tiroid juga rawan terkena Multiple Sclerosis. Selain itu, kebiasaan merokok dan kurangnya paparan sinar matahari (kekurangan vitamin D) juga menjadi penyebab seseorang lebih berisiko terkena penyakit Multiple Sclerosis.

Mengenal Penyakit Multiple Sclerosis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyakit Multiple Sclerosis merupakan penyakit yang menyerang sistem saraf pada otak, mata, dan tulang belakang. Oleh karena itu, gejala yang muncul akan berkaitan dengan terganggunya fungsi kontrol pada gerak dan penglihatan. Pada sistem gerak, Multiple Sclerosis akan menyebabkan penderita mengalami kesulitan untuk menjaga keseimbangan maupun berjalan. Selain itu, penderita juga akan lebih sering mengalami tremor dan mati rasa pada bagian tubuh tertentu. Penderita juga berpotensi untuk mengalami kesulitan saat berbicara serta sensasi seperti tersengat arus listrik pada beberapa area tubuh seperti leher. Sementara itu, pada sistem penglihatan, penderita akan mulai mengalami penglihatan ganda dan kehilangan kemampuan melihat baik seluruh maupun sebagian. Pada beberapa kasus, penderita Multiple Sclerosis juga akan merasa pusing, lemas, badan terasa sakit, maupun gangguan pada kandung kemih. Lantas, bagaimana cara mengetahui atau mendeteksi penyakit Multiple Sclerosis?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan diagnosis pada penyakit Multiple Sclerosis. Penderita harus memeriksakan dirinya ke dokter agar dokter bisa melakukan diagnosis. Beberapa proses tahapan untuk menentukan diagnosis penyakit Multiple Sclerosis adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap gejala atau keluhan yang dialami oleh penderita, riwayat penyakit penderita dan keluarga, pemeriksaan fisik, dan beberapa tes penunjang. Macam – macam tes penunjang yang biasanya dilakukan untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit lain dan mendukung diagnosis dari penyakit Multiple Sclerosis adalah tes darah, tes lumbal fungsi, Evoked potensial test, dan MRI. Oleh karena itu, bagi penderita yang mengalami beberapa gejala di atas sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar segera diketahui apakah terkena penyakit Multiple Sclerosis atau bukan. Deteksi dini dari penyakit ini akan memperbesar peluang seseorang untuk bisa sembuh atau mengurangi resiko kerusakan saraf secara permanen. Selain itu, untuk mencegah timbulnya penyakit Multiple Sclerosis, masyarakat bisa mengkonsumsi suplemen atau makanan yang memiliki kandungan vitamin D yang tinggi. Selain itu, masyarakat juga sebaiknya menghindari kebiasaan merokok yang dapat memperbesar resiko terkena Multiple Sclerosis.

Share and Enjoy !

Shares
Shares